Gunakan 6 Rumus Ini Untuk Menaksir Ukuran Kolam Lele

Agar mampu mendapatkan hasil panen ikan lele secara maksimal, anda baiknya memahami terlebih dahulu jumlah isian air dalam Kolam Terpal Kotak Jogja. Tidak menghitung luas kolam terpal. Arah dari mengira-ngira isi atau volume kolam terpal adalah untuk menghasilkan padat tebar ikan lele yang ideal.

Berikut ini rumus Menghitung daya muat kolam terpal bundar yang bisa anda gunakan.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bundar

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bundar yang anda akan pakai berdiameter 5m dan tinggi 1 meter, maka kekuatan kolam terpal bundar anda ialah sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air dengan penuh. Buat Mempertimbangkan berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda masukkan untuk  Mengoptimalkan ialah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bundar.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam bisnis ikan lele pada level rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk level normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level tinggi atau yang sering diketahui dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda dapat mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda bisa mengisi kolam terpal bundar anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada level yang masih dalam kriteria rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada kapasitas normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda mengaplikasikan system bioflok atau natural water system (NWS) disaat mengembangbiakkan ikan lele.

Contoh diatas hanyalah arahansaja. Saat mempraktekkannya mungkin anda akan bertemu jumlah padat tebar yang bervariasi di tiap – tiap peternak ikan lele. Tentu saja itu biasa, sebab setiap petani ikan lele pastilah memiliki dan kebiasaan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Nah apa sajakah sebenarnya yang menentukan padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Perhatikan 6 penjelasan dibawah ini :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Tidak berbeda dengan manusia, ikan pun butuh cukup oksigen supaya bisa bertahan hidup dengan baik. Standart ukuran untuk benih ikan yang kecil mestinya cukup mendapatkan oksigen di air kolam. Namun, pas ikan makin tumbuh besar dan dengan jumlah yang sama, pastinya kebutuhan oksigen untuk ikan juga makin banyak.

Bagaimana triks atau strategi supaya keperluan oksigen pada air kolam tetap terpenuhi?

Buat memenuhi kebutuhan oksigen dalam air kolam lazimnya para pengelola bisnis perikanan ikan lele mensiasatinya dengan membarui air kolam sebanyak 27-30% secara ajek. Bila ikan belum waktunya panen tetapi ikan tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap tidak berubah, itu isyarat ikan harus dipindah ke kolam yang lainnya.

2. Faktor Lingkungan

Cuaca disekeliling kolam terpal ada kalanya juga mempengaruhi jumlah padat tebar ikan lele. Tidak sedikit petani terkadang menurunkan padat tebar ikan lele disaat cuaca tak sesuai seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Penciutan padat tebar pas musim – musim ekstrim perlu dilakukan untuk mengantisipasi gagal panen.

3. Metode Budidaya

Pada pengaplikasiannya dilapangan, metode beternak ikan lele bisa saja mempengaruhi kapasitas kolam lele bulat. contohnya seperti bertani ikan lele dengan system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih unggul dibandingkan dengan metode memelihara ikan lele lain. Salah satu penyebabnya karena metode beternak dengan system bioflok memiliki lebih banyak pakan alami yang muncul dari himpunan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang menggantukan sirkulasi air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang lebih rapat. Dicuplik dari efishery.com padat tebar ikan lele yang mempergunakan system RAS bisa menyentuh angka 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

perputaran air amat akrab hubungannya dengan kesiapan oksigen pada kolam ikan lele. Dengan sirkulasi air yang apik, oksigen yang ada di air kian bertambah. Alhasil padat tebar bisa dimaksimalkan.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam Terpal.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Mengerti Trik Menghasilkan Panen Ikan Lele Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Mau Mengerti Teknik Bertani Ikan Nila Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Enam Rumus Yang Tokcer Buat Mengoptimalkan Hasil Panen Ikan Lele