Mau Paham Pola Beternak Ikan Lele Yang Melimpah? Pakai Rumus Ini

Agar mampu menghasilkan hasil panen ikan lele sebanyak-banyaknya, ketika Membuat Kolam Terpal Kotak anda sebaiknya memahami secara lebih matang volume air di dalam kolam terpal tersebut. Tidak menghitung luas kolam terpal. Tujuan mengira-ngira isi atau kolam terpal adalah agar mendapatkan padat tebar ikan lele yang ideal.

Dari pemaparan berikut anda bisa menemukan rumus Mengestimasi kekuatan kolam terpal bundar yang bisa anda gunakan.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bulat

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bundar yang anda memiliki diameter 5m dan tinggi 1 meter, maka daya muat kolam terpal bulat anda ialah sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air sampai penuh. Buat Mempertimbangkan berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda masukkan untuk  Menaksir ialah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bundar.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam pengembangbiakan ikan lele pada level rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk kapasitas normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk kapasitas tinggi atau yang sering diketahui dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda bisa mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda dapat mengisi kolam terpal bulat anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada kapasitas rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada kapasitas normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda memakai system bioflok atau natural water system (NWS) saat budidaya ikan lele.

Contoh diatas merupakan panduan. Dalam prakteknya kemungkinan anda akan bertemu jumlah padat tebar yang bervariasi di tiap – tiap pembudidaya ikan lele. Tentu saja itu hal yang lumrah, sebab tiap pembudidaya ikan lele pastilah memiliki kepandaian dan kebiasaan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Nah apa sajakah sebenarnya yang menjadi penentu padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Simak pemaparan berikut :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Sama dengan manusia, ikan pun perlu cukup oksigen untuk dapat bertahan hidup dengan baik. Ukuran benih ikan yang kecil tentunya cukup menerima oksigen di air kolam. Akan tetapi, ketika ikan semakin tumbuh besar dan dengan jumlah yang tidak berkurang, tentunya keperluan oksigen untuk ikan juga semakin banyak.

Bagaimana cara mensiasati agar keperluan oksigen dalam air kolam tetap terpenuhi?

Untuk menggenapi kebutuhan oksigen dalam air kolam lazimnya para pembudidaya ikan lele mensiasatinya dengan mengganti air kolam sebanyak 27-30% secara berkala. Apabila ikan belum waktunya panen tetapi ikan tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap tidak berubah, itu tandanya ikan harus dipindah ke kolam lain.

2. Faktor Lingkungan

Cuaca disekitar kolam terpal terkadang juga mempengaruhi jumlah padat tebar ikan lele. Sebagian petani terkadang merampingkan padat tebar ikan lele disaat cuaca tak sesuai seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

Perampingan padat tebar ketika musim – musim ekstrim harus dikerjakan untuk mencegah gagal panen.

3. Metode Budidaya

Dalam prakteknya, teknik mengembangbiakkan ikan lele juga mampu mempengaruhi daya tamping kolam lele bulat. contohnya seperti bertani ikan lele memakai system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih baik dibandingkan dengan metode beternak ikan lele lainnya. Ini mungkin sekali terjadi dikarenakan beternak dengan system bioflok memiliki lebih banyak pakan alami yang muncul dari kumpulan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang memercayakan sirkulasi air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang lebih rapat. Dicuplik dari efishery.com padat tebar ikan lele dengan mempergunakan system RAS bisa mencapai 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

perputaran air amat melekat hubungannya dengan ketersediaan oksigen dalam kolam. Dengan perputaran air yang bagus, oksigen yang ada dalam air bisa bertambah. Sehingga padat tebar ikan lele dapat dimaksimalkan.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam Terpal.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Mengerti Trik Menghasilkan Panen Ikan Lele Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Mau Mengerti Teknik Bertani Ikan Nila Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Enam Rumus Yang Tokcer Buat Mengoptimalkan Hasil Panen Ikan Lele