Kaidah Menghitung Ukuran Kolam Lele Bundar

Untuk menciptakan hasil panen ikan lele sebanyak-banyaknya, anda layak untuk mengerti dulu volume air dalam Kolam Terpal BUndar Solo. Tidak menghitung luas kolam terpal. Sasaran dari mengira-ngira isi atau kekuatan kolam terpal ialah untuk memperoleh padat tebar ikan lele yang ideal.

Berikut ini rumus Menghitung volume kolam terpal bundar yang dapat anda pakai.

Rumus Menghitung Kapasitas Kolam Lele Bulat

V = π x r x r x t

Contoh :

ukuran kolam terpal bundar yang anda punya berdiameter 5m dan tinggi 1 meter, maka daya muat kolam terpal bulat anda adalah sebagai berikut :

V = 3,14 x 2,5 x 2,5 x 1 = 19,625 m3 (19,625 kubik)

Hitungan diatas adalah hitungan jika diisi air sampai penuh. Untuk Menghitung berapa padat terbar ikan lele, tinggi yang anda gunakan untuk  Mengestimasi ialah tinggi air bukan tinggi kolam terpal bulat.

Contoh :

Volume = Phi x jari-jari x jari-jari x tinggi air

Volume = 3.14 x 2,5 x 2,5 x 0,9 = 17,6625 M3 (17,6625 Kubik)

Dalam bisnis ikan lele pada kapasitas rendah, 1 kubik air di isi 50 sampai 100 ekor ikan. Untuk level yang masih dalam kategori normal anda bisa mengisi mulai 100 hingga 300 ekor/kubik. Untuk level yang tergolong tinggi atau yang sering disebut dengan system BIOFLOK atau NATURAL WATER SYSTEM (NWS) anda bisa mengisi ikan lele dengan kepadatan 400 hingga 1500 ekor/kubik.

Jadi dengan volume 17,6625 kubik air anda bisa mengisi kolam terpal bulat anda dengan kepadatan 900 – 1700 ikan lele pada level yang masih dalam kategori rendah, 1700 – 5100 ikan lele pada level yang masih normal dan 6800 – 25500 ikan lele jika anda mengaplikasikan system bioflok atau natural water system (NWS) ketika berternak ikan lele.

Contoh diatas hanyalah arahansaja. Pada prakteknya kemungkinan anda akan berjumpa dengan jumlah padat tebar yang beragam pada tiap – tiap peternak ikan lele. Itu sangatlah wajar, karena tiap petani ikan lele pastilah mempunyai ilmu dan kebiasaan yang berbeda – beda.

Nah apa sajakah sebenarnya yang menentukan padat tebar ikan lele dalam media budidaya? Perhatikan beberapa penjelasan dalam artikel berikut ini :

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pada Kolam Lele

kandungan oksigen dalam kolam-terpal

  1. Kandungan Oksigen Dalam Kolam Lele

Senada dengan manusia, ikan pun butuh cukup oksigen untuk dapat hidup dengan baik. Standart ukuran untuk benih ikan yang kecil tentunya cukup memperoleh oksigen di air kolam. Tetapi, ketika ikan makin tumbuh besar dan dengan jumlah yang tidak berubah, pastinya kebutuhan oksigen untuk ikan juga makin banyak pula.

Bagaimana cara atau taktik agar keperluan oksigen pada air kolam tetap terpenuhi?

Buat menggenapi keperluan oksigen dalam air kolam lazimnya para pembudidaya ikan lele mensiasatinya dengan membarui air kolam sebanyak 27-30% secara ajek. Bila ikan belum masanya panen tapi ikan sudah tidak tumbuh lagi ukurannya atau tetap tidak berubah, itu menandakan ikan perlu dipindah ke kolam yang lain.

2. Dari Sudut Pandang Lingkungan

Iklim diseputar kolam terpal ada kalanya juga mempengaruhi jumlah padat tebar ikan lele. Sebagian petani terkadang menurunkan padat tebar ikan lele saat cuaca tak bersahabat seperti musim kemarau atau musin hujan ekstrim.

reduksi padat tebar pas musim – musim ekstrim perlu dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi gagal panen.

3. Metode Budidaya

Dalam aplikasinya, tata cara beternak ikan lele bisa saja mempengaruhi daya tamping kolam lele bulat. Missal, beternak ikan lele memakai system bioflok biasa memiliki padat tebar yang lebih ideal dibandingkan dengan metode mengembangbiakkan ikan lele yang lain. Ini sangat mungkin terjadi dikarenakan bertani dengan system bioflok memiliki lebih banyak pakan alami yang berasal dari himpunan plankton dan mikro organisme dalam flok.

System RAS atau system yang menggantukan perputaran air yang lebih banyak juga memungkinkan untuk padat tebar yang tinggi. Dikutip dari efishery.com padat tebar ikan lele yang memanfaatkan system RAS bisa menyentuh angka 200 ekor/m2 dengan ketinggian air 0,75 m.

perputaran air sangat erat kaitannya dengan kesiapan oksigen dalam kolam. Dengan sirkulasi air yang baik, oksigen yang terlarut dalam air makin bertambah. Sehingga padat tebar ikan lele dapat dimaksimumkan.

4. Pertumbuhan Ikan Dalam Kolam Terpal.... (selanjutnya)


Anda Butuh Kolam Terpal Dengan Kualitas OK Harga Damai? Order di Prassterpal.com sekarang juga. Informasi harga kolam terpal silakan klik tautan pada foto dibawah ini : daftar harga kolam terpal prassterpal Temukan juga kami di bukalapak kolam terpal siap pakai tokopedia jual kolam terpal siap pakai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Mengerti Trik Menghasilkan Panen Ikan Lele Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Mau Mengerti Teknik Bertani Ikan Nila Yang Melimpah? Gunakan Rumus Ini

Enam Rumus Yang Tokcer Buat Mengoptimalkan Hasil Panen Ikan Lele